pupuk urea


BAB I
PENDAHULUAN
1.Latar Belakang
            Kesuburan tanah suatu lahan pertanian berbeda-beda, tergantung dari bahan organik yang terkandung di dalam setiap lapisan tanah, topografi, tekstur, struktur, dan juga aktifitas mikroorganisme dalam tanah.  Kesuburan tanah ini mempunyai arti yang sangat penting sebab tanah subur adalah tanah yang mempunyai kapasitas dan kemampuan untuk dapat menyediakan  unsur hara bagi tanaman dengan jumlah tepat sehingga dapat menghasilkan produksi yang optimal.
          Tanah memang diciptakan untuk terus menerus dikelola, namun karena adanya pengelolaan tanah yang terus menerus sehingga mengakibatkan tingkat kesuburan tanah dapat menurun.  Menurunnya tingkat kesuburan suatu tanah menyebabkan berkurangnya ketersediaan unsur hara di dalam tanah sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
          Tidak semua jenis tanah mampu menyediakan unsur hara yang dibutuhkan bagi perkembangan tanaman.  Akibat yang dapat ditimbulkan jika suatu tanah kekurangan unsur hara adalah tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik, sehingga akan dapat menurunkan produksinya .
          Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengembalikan kesuburan tanah di daerah pertanian adalah penggunaan pupuk secara benar dengan memperhatikan gejala kekurangan yang ditampakkan oleh tanaman, dampak penggunaan pupuk terhadap lingkungan dan terhadap keseimbangan ekosistem di sekitarnya, termasuk cara pembuangan sisa-sisa pemupukan dan penyimpanan pupuk.
            Hal inilah yang mendorong negara Indonesia memberi perhatian yang lebih pada sektor yang vital ini. Salah satu hal penting yang benar benar harus di perhatikan dalam sektor pertanian adalah pupuk untuk peningkatan produksi pertanian.
            Kebutuhan pupuk di Indonesia dari tahun ketahun semakin meningkat. Apabila Indonesia mengimpor pupuk dari luar negri maka akan banyak menyerap devisa Negara. Oleh karena itu perlu kiranya di bangun suatu industri pupuk di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat tersebut. Pendirian industri pupuk ini di tunjang oleh tersedianya pasokan gas alam dalam jumlah melimpah sebagai bahan baku pembuatan pupuk.


2.Perumusan Masalah
             Dalam makalah ini membahas beberapa permasalahan yang akan disajikan dengan begitu lengkap.Dimulai dengan pengertian pupuk itu sendiri , jenis pupuk yang akan diolah , jenis pupuk urea itu sendiri serta bahan dasar , selanjutnya proses pembuatan dan manfaat serta kerugian dari pupuk urea .
             Semua permasalahan diatas akan dibahas lebih lanjut dalam isi makalah ini . Beberapa masalah itu akan membantu dalam merumuskan masalah yang menjadi bahan dasar pembuatan makalah tentang pupuk , dan lebih tepatnya lagi pupuk urea sebagai pupuk anorganik.
3.Tujuan  
       Makalah ini disusun untuk :
a.mengetahui segala aspek dari pupuk(urea) dalam bidang industri (manfaat dan kerugian)
b. menjelaskan proses dari pembentukan pupuk
c.mengetahui bahan dasar pembentukan pupuk urea

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH DALAM CHEMICAL ENGINEERING

Reaktor Alir Pipa

Rancangan Reaktor CSTR